Rabu, 28 Januari 2009

berkarir di IT

I>>>>

Menarik kiranya bila kita menyimak latar belakang para profesional dibidang IT, ada yang melenceng jauh dari sasaran awal, Tapi itulah realitas hidup.

Kalau kita perhatikan perubahan yang terjadi dibidang IT secara umum termasuk cepat, dari jaman komputer "dinosaurus" dari blue group, berubah kepada kelompok "kijang" dan saat ini menjamur kepada komunitas "virus" yang jenisnya semakin beragam dan semakin luas. Sehingga saking banyaknya kita lebih banyak jadi tukang "koprek" saja saat ini, dan mungkin sedikit sekali yang sudah melakukan inovasi dibidang IT, nah bagaimana yang menemukan "alien" baru bidang IT/komputer khususnya, tentu sangat-sangat sedikit. Keseluruhan perubahan itu tentunya tidak terlepas dari dukungan para professional IT/komputer untuk sampai ketahap sekarang.

Tentunya Pak moderator mempunyai bahan berdasarkan statistik para peminat SAP, latar belakang, alasan berprofesi dibidang SAP, serta pandangan kedepan nya, dan itu bisa dijadikan bahan bagi mereka yang ingin berkarir dibidang IT.

Sebagai gambaran lain demikian, kalau kita saat ini melihat kendaraan bermotor yang ber BBM, pada beberapa dekade mendatang akan berubah kearah "Hybrid". Maka seirama dengan perubahan itu bidang IT/komputer juga akan berubah seperti gaya "Hybrid". Barangkali nanti komputer akan sekelas "nano" yang mudah untuk dipasangkan pada manusia, hewan atau barang, sehingga setiap pergerakkannya sudah dapat diterka. Kalau saat ini data sebelum di "enter"/"gesek" kedalam sistem komputer maka data transaksi tersebut belum menjadi bagian dalam sistem aplikasi komputer itu, nanti tentunya lain cara prosesnya. Contoh pemakaiannya bila ada "C-nano" tadi bila dipasangkan di kuping sesorang sebagai KTP yang berisi identitas nya, maka pihak imigrasi sudah dapat mengetahui bahwa ada warganegaranya yang keluar atau masuk kenegaranya begitu melewati scanning gate atau karena adanya pancaran radar yang mendeteksinya.

Sebagai programmer dari jaman "Kartu lubang" sampai "OOP" yang saat ini juga masih jadi tukang "oprek" "VB" untuk mencari rejeki, hanya bisa menyampaikan untuk generasi muda yang ingin berkarir dibidang IT/Komputer perlu optimis bahwa IT bidangnya sangat luas. Apakah karir di IT hanya karena alasan jasa yang kisarannya 3-28 Jt/Bln menurut Kelly Service untuk Indonesia th 2008 kemarin , atau karena minat dan bakatnya dibidang IT, seperti Marko Calasan dari Skopje yang berusia 8 th sudah menjadi programmer.

Rezeki sudah ada yang mengatur tinggal yang bersangkutan untuk berusaha sekuat tenaga dan akal pikirannya, agar nanti muncul "C-Indo" yang mengglobal dan sebagai "Trend-setter" .

Salam dan selamat memilih.

II>>>>

Saya Sarjana Pertanian

waktu kuliah semester 2 udah terlanjur suka sama komputer.
wkt kuliah sudah bawa2 buku komputer.
Karena terlanjur suka sama dunia IT, semua yang berhubungandengan komputer saya pelajari.

Termasuk OS wkt itu DOS hingga Windows,Networking, Novell Netware, Windows Server

Jadi nggak heran kalau sayabisa jadi Asisten Lab komputer.
Waktu kuliah juga sudah ngajar kursus komputer.
Tamat Kuliah (Sarjana Pertanian), saya hanya melamarpekerjaan yang berhubungan dengan komputer.
Saya pernah jadi IT support, Network Admin, Programmer di perusahaan.
Sekarang saya wiraswasta ngajar Kursus Visual Basic,Bikin Software dan Website.

salam,
Hartoto, Ir.

III>>>>

Saya juga mulai kuliah IT seumur anda karena keadaan ekonomi sayakerja dulu baru kuliah setelah dana cukup.

Tujuan saya untuk dapat S1karena banyak perusahaan masih mengandalkan ijazah.
Waktu itu matakuliah cukup berat lebih mengarah ke science.
Kuliah dan praktekprogramming sedikit kalah sama yang kursus.

Tergantung tujuan anda, kalau ingin jadi pengajar IT ya kuliah IT,kalau untuk berkarir di IT saya sarankan ambil pelatihan bidang yanganda minati karena IT terlalu luas.

Beberapa point penting ke dunia IT :

1. Paling baik kalau anda punya dasar elektro, kalau belum pelajarisaja teori dasar elektronika, teknik digital dan kalau bisa teorimicroprocessor.
Hal ini berguna untuk trouble shooting PC atauperalatan digital.
Sekarang banyak yang jual Robotic kit dan jugadilombakan, ini bagus untuk praktek programming.
Kebetulan dulu sayahobby elektronika sehingga sangat membantu pekerjaan saya.

2. Wajib kuasai salah satu bahasa Programming (bahasa C, Java, VB, dll) dan teknik-teknik pemrograman.
Sebaiknya pelajari yangmultiplatform spt Java supaya bisa jalan di OS mana saja.
Kalau bidanganda mesin-mesin industri kebanyakan pakai C atau assembler, aplikasipakai C++, Java, PHP atau VB (untuk lingkungan Windows).

3. Database management dan bahasa SQL (misal MySQL, Oracle, MS SQL,dll). Pelajari salah satu saja dan bahasa SQL standard untuk semuadatabase.

4. Teori Networking WAN/LAN.

5. Operating System terutama server.

Demikian info dari saya, semoga membantu.

Salam,
Daud

Tidak ada komentar: