Rabu, 28 Januari 2009

Tutorial Excel Macro - Laporan keuangan

I.>>>

VBA untuk excel macro sangat membantu, dan minimal logika pemakai cukup baik dalam menyelesaikan urutan pekerjaan yang berkaitan dengan transaksi data yang ada baik itu dalam bentuk form format excel (sering ditemui bagi starter user) untuk diterjemahkan kedalam laporan tabulasi format excel juga sampai nanti dibentuk neraca.

Kelemahan umum : elemen transaksi data yang tidak konsiten mudah dirubah walaupun sudah closing, serta terkenan virus.

Proteksinya : validasi elemen transaksi data dengan VBA macro juga tentunya dan memberikan highlight bila ditemukan kesalahan, hentikan proses selanjutnya sampai didapat clean data.Untuk virus macro tentunya banyak anti virus yang cocok.

Selamat mencoba
SM

II.>>>

excel macro dan vb mempunyai dialek bahasa yang mirip

script vb di macro excel biasanya untuk otomatisasitugas2 pengoperasian excel

sedangkan vb adalah tool pemrograman

III.>>>

Untuk flowchart dan arus transaksi secara akuntansi saya sudah ada Pak,Masalahnya bgmana saya menuangkannya ke excel macro (kalo nggak salah ada VBnya yach dari hasil google – CMIIW)

Apabila ada contoh or sample program or script kira bisa menjadi pencerahan buat saya karena keterbatasan saya di excel macro or VB.

Apakah excel macro itu identik dengan VB ?Atas bantuan dan pencerahannya saya ucapkan terima kasih

Regards,
Firmanel Awwal
Master of Management FEUI

1 komentar:

Muhammad Syukron mengatakan...

silahkan lihat koleksi macro saya di norkuys.wordpress.com