Jumat, 28 September 2007

Menampilkan Penanggalan Hijriah


Penanggalan yang sering kita gunakan setiap hari adalah penanggalan Masehi, yakni penanggalan yang menggunakan nama-nama bulan mulai dari Januari hingga Desember.

Di beberapa negara, ada yang menggunakan penanggalan selain Masehi, yakni penanggalan Hijriah yang menggunakan nama-nama bulan mulai dari Muharam sampai Zulhijah. Penanggalan ini banyak digunakan umat Islam.Untuk menampilkan penanggalan Hijriah di Linux cukup mudah, Anda hanya butuh desktop KDE.

Langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut ini:

1. Bukalah KDE Control Center dengan cara klik menu [K] > [Control Center].

2. Pada tab [Index] di jendela KDE Control Center bagian kiri, masuklah ke modul [Accessibility] > [Region & Language] (atau pada distro lain bisa lewat [Regional & Accessibility] > [Country/Region & Language]). pada jendela bagian kanan, muncul pilihan-pilihan pengaturan mengenai negara dan bahasa. Aktiflah di tab [Time & Dates].
3. Selanjutnya pada pilihan Calendar System pilihlah [Hijri]. Selain [Hijri] terdapat pilihan lain, yakni [Hebrew] dan [Jalali]. Sedangkan standarnya berisi pilihan [Gregorian]. Selain itu, untuk pengaturan hari pertama penanggalan, aturlah pada First day of the week. Pilihan standar ialah Yaum al-Ahad (Minggu) sebagai hari permulaan setiap minggu.
4. Selanjutnya klik [Apply] untuk menyetujui perubahan yang telah dilakukan.
5. Muncullah dialog konfirmasi yang menyatakan bahwa perubahan akan dilakukan apabila kita melakukan login ulang dalam KDE. Lakukan logout terlebih dahulu dengan cara klik menu [K] > [Logout...] . Kemudian kliklah tombol [End Current Session]. Setelah itu session KDE Anda akan ditutup dan Display Manager akan tampil. Pada Display Manager tersebut, isikan username dan password Anda, kemudian klik tombol [Login] atau tekan [Enter]. Selanjutnya Anda akan kembali masuk ke session KDE milik Anda.
6. Sekarang lihatlah pada aplet atau asesoris jam pada ujung kiri panel. Lewatkan kursor dan hentikan kursor Anda sejenak di atasnya. Tampaklah pesan yang menampilkan nama hari, tanggal bulan dan tahun dalam format Hijriah . Untuk melihat penanggalan lengkap, kliklah pada jam tersebut maka akan muncul jendela kalender.
Berikut ini ada sedikit tips. Apabila Anda malas melakukan login ulang karena prosesnya yang cukup memakan waktu, ada cara yang cukup singkat apabila kita ingin melihat perubahan.

Berikut ini adalah caranya:

1. Klik kanan di ruang kosong taskbar panel utama KDE, kemudian klik [Remove] > [Applet] > [Clock] atau klik kanan di atas tombol menu [K] > [Remove] > [Applet] > [Clock]. Maka jam yang ada di panel KDE akan hilang.
2. Untuk memunculkannya kembali, klik kanan di ruang kosong panel utama KDE kemudian klik [Add] > [Applet] > [Clock] atau klik kanan di atas tombol menu [K] > [Add] > [Applet] > [Clock]. Jam tersebut akan kembali muncul pada panel KDE. Perubahan-perubahan yang telah kita lakukan secara otomatis telah langsung diterapkan.
Lebih praktis tanpa perlu menunggu lama untuk logout kemudian login kembali, bukan?

Tidak ada komentar: