Rabu, 19 September 2007

Virus Terganas di Bulan September

Jakarta, Selama bulan September, sejumlah virus terdeteksi menginfeksi komputer-komputer di Indonesia.

Dari total 1.271 kasus penginfeksian, virus terganas mendalangi 461 kasus. Virus tersebut adalah W32.Small.KI, yang menjalankan aksinya setiap tanggal 3. Perusahaan antivirus lokal, PT Vaksincom menyatakan hal tersebut melalui keterangan tertulisnya yang dikutip detikINET, Kamis (12/10/2006).

Spesialis antivirus, Alfons Tanujaya menilai virus ini cukup kejam dan sadis. Mengapa kami katakan kejam dan sadis, karena ia akan mengapus semua file dokumen dan menggantikannya dengan file yang berukuran 1 Kb, ungkap Alfons. Dan yang terpenting adalah data yang telah dihapus tidak dapat (sangat sulit) di-recover. Apapun caranya. Ini sudah kami buktikan dengan menggunakan berbagai macam cara untuk mengembalikan data-data tersebut, paparnya.

Hal tersebut, menurut Alfons, dipicu karena banyaknya para pemakai komputer yang tidak menyadari ancaman virus ini. Sejumlah virus yang juga selalu mengganggu para pengguna Internet dunia antara lain Mytob, Small.KI, Netsky, MyDoom.

Menurut Vaksincom, berikut adalah jajaran virus yang kedapatan secara aktif melakukan infeksi:

W32.Small.KI -- 461 Kasus
Netsky P -- 247 Kasus
Worm W32/Mytob.AO -- 109 Kasus
Security Risk HTML/MIME_Exploit -- 93 Kasus
Worm W32/Mytob.V -- 87 Kasus
Worm W32/Mytob.CL -- 66 Kasus
Worm Netsky.N -- 63 Kasus
Worm W32/Mytob.AA -- 49 Kasus
Worm W32/Mytob.AJ -- 22 Kasus
Worm Netsky.W -- 21 Kasus
Worm MyDoom.L -- 11 Kasus
Worm W32/Womble.C -- 5 Kasus
W32/Valla.2048 -- 5 Kasus
Worm Netsky.D -- 9 Kasus
Netsky.C -- 8 Kasus
Trojan W32/Exploit.Gen -- 6 Kasus
Trojan Mitglied.gen -- 4 Kasus
Worm W32/Mytob.RD -- 4 Kasus
W32/Stration.MF -- 1 Kasus

Menghadapi ancaman berbagai virus, Alfons mengingatkan para pengguna komputer dan Internet untuk tidak terlalu mengandalkan bantuan administrator dalam menanggulangi virus. Pengguna diimbau untuk lebih proaktif melakukan langkah-langkah pencegahan, seperti tidak mematikan antivirus yang terinstal.

Meskipun sebuah komputer telah terinstal antivirus, acapkali mereka suka mematikannya dengan alasan yang bermacam-macam. Seringkali alasannya adalah komputer menjadi lambat, ujar Alfons.

Memang ada resiko yang harus kita tanggung bahwa setiap ada program antivirus, komputer akan menjadi lambat. Apalagi kalau komputer tersebut adalah produk lama, dan memakai aplikasi yang berat-berat, misalnya aplikasi editing image, multimedia, dan lain-lain yang memerlukan pemakaian memori yang sangat besar, tandasnya. (detikinet)

Tidak ada komentar: