Kamis, 27 September 2007

Menyelami Dunia Internet



Informasi yang tampak pada mesin pencari semacam Google di Internet cuma seujung kuku. Internet memiliki bagian yang disebut sebagai invisible Web alias daerah pedalaman. Bagaimana menyelaminya?
Seberapa besarkah Internet yang diketahui? Tidak banyak yang menyadari bahwa semua yang biasa terlihat setiap hari di Internet hanyalah permukaannya saja. Mereka disebut bagian Internet yang terlihat – visible Web. Definisi dari visible Web itu adalah bagian dari dunia maya yang bisa ditemukan oleh mesin pencari biasa.
Google, yang katanya adalah mesin pencari dengan basis data terbesar di dunia sudah memiliki 8 miliar halaman dalam indeksnya. Ternyata, itu hanya sebagian kecil dari dari halaman situs yang ada. Data terakhir menyebutkan 250 milyar sebagai jumlah halaman.
Ada bagian dari Internet yang tidak bisa secara langsung diakses oleh mesin pencari, seperti basis data milik universitas, situs-situs yang memerlukan password agar isinya bisa diakses, serta situs-situs yang memang karena satu dan lain hal tidak ingin isinya bisa dimasukkan ke dalam indeks mesin pencari.
Bagian Internet ini dikenal dengan istilah invisible Web atau deep Web, pedalaman dunia maya. Jumlahnya? Coba tebak! Jawabnya, sekitar 500 kali lipat dari halaman Web yang bisa dilihat. Bisa Anda bayangkan sekarang berapa besar Internet yang sebenarnya?

Tidak ada komentar: