Rabu, 19 September 2007

Novell Akhirnya Open-Source-kan Suse Linux

Jakarta, Endonesia – Raksasa jaringan, Novell Inc, akhirnya benar-benar meng-open-source-kan Suse Linux. Dengan begitu, siapapun bisa benar-benar menikmati sistem operasi gratisan ini, bukan hanya sekedar trial version seperti biasanya.

Greg Mancusi-Ungaro, direktur pemasaran Linux dan Open Source Novell, secara resmi mengumumkan niatan tersebut keapda Computer World Rabu kemarin. Katanya, minggu depan, sistem operasi yang dinamai OpenSuse itu akan dirilis pada pameran LinuxWorld yang akan dibuka pekan depan.

OpenSuse akan menempati rumah baru di www.opensuse.o rg . Domainnya sudah dikapling oleh Novell, tapi sampai barusan tadi masih belum beroperasi. Kalau tak sabar, rajin-rajin saja mengecek setiap hari: siapa tahu dibuka lebih cepat ketimbang LinuxWorld.

Sistem operasi berlogo 'kadal ijo' atau ''tokek ijo'' itu merupakan versi open source dari Suse terbaru, Suse Linux Profesional 10.0. (Yang beredar sekarang masih versi 9.x). Pekan depan, dia akan didistribusikan bagi para calon pengguna, tapi baru tahun depan para developer yang ingin mengutak-atik atau mengembangkannya bisa bergabung, karena kode dan repositorinya baru akan dirilis tahun depan.

''Kami akan buat OpenSuse tersedia bagi siapa saja dan dimana saja,'' kata Mancusi_Ungaro. Alasannya, meski selama ini sudah banyak digembar-gemborkan jadi sistem operasi yang sudah sama nyamannya dengan Windows, tetap saja orang kebanyakan sulit mendapatkannya dan menggunakannya.

Apapun janji Novell, ya terserah saja. Yang penting, ada Linux yang benar-benar diback-up perusahaan gede dan modal besar. Soalnya, banyak sudah kasus sistem operasi Linux yang distro-nya mendadak mandeg karena para pengembangnya kehabisan nafas: termasuk di Indonesia. © che

Tidak ada komentar: